Maksud dari tulisan yaitu menjelaskan tentang bagaimana menjaga komunikasi tetap berjalan, belajar mengeksplorasi apa yang anda tahu, lihat kesempatan dalam mempraktekkan bahasamu, mencari tahu bagaimana mendapatkan bentuk-bentuk bahasa itu sendiri, buat dirimu senang dalam mempelajari bahasa itu, kembangkan bahasamu dengan selalu mengucapkannya meski kamu belum paham dengan kosakata, frasa, kalimat tersebut.

Kita sangat perlu sesuatu yang dapat membuat kita tidak bosan dengan bahasa yang kita pelajari dengan mencoba cara di bawah ini:

  1. Melakukan percakapan meski dengan membaca buku
  2. Memainkan peran dalam percakapan
  3. Menambahkan ekspresi dalam percakapan
  4. Menambahkan hal yang berbeda seperti sikap, dan emosi di dalamnya. Yakni kegembiraan, kesedihan, kekaguman, kesopanan, atau mungkin sebaliknya.
  5. Merubah langkah dalam berbicara seperti dengan cara cepat, lambat, nyaring, atau tenang.
  6. Ungkapkan bahasa itu dengan percaya diri bahkan tampil bodoh sekalipun
  7. Rekam percakapanmu sendiri

Jadi, dapat disimpulkan sejauh ini bahwa dalam mempelajari bahasa kita harus selalu menggunakannya apalagi ketika kita bersama dengan Native Speaker (penutur asli), selalu mengefektifkan percakapan dengan orang lain dengan memilih topik-topik yang menarik untuk diperbincangkan, menjauhkan diri dari sikap kebosanan dengan cara menambahkan beberapa sikap atau emosi di dalam percakapan, dan coba untuk menganalisa kesalahanmu dengan merekam sendiri atau mencari parner untuk memberikan koreksi atau tanggapan terhadapmu.